Minggu, 22 Juli 2012

Konfigurasi Modem EVDO Advan Jetz DE-A di Ubuntu

Apa kabar semua? semoga tetap diberikan rizki dan kesehatan ya amiin doa.
Udah 3 taun ga nulis lagi di blog haha, kangen, nginget password, eh ternyata masuk ke halaman dashboard bloggernya, dan akhirnya bisa nulis lagi hehe. Liat blog udah banyak debu dan jaring laba-laba *lebay* gelakguling, di pagi hari ini sengaja dibersiin trus di desain ulang, jadilah tampilan blog yang baru ini senyum.

Ya! Kali ini saya bakal nulis tentang instalasi salah satu modem di Ubuntu, yang kata penjualnya sih ga support Linux. Modemnya Advan Jetz DE-A EVDO CDMA yang waktu pas beli udah bundling sama Flexi yang lagi gencar-gencarnya masarin produk internet barunya yaitu Flexi Mobile Broadband. Dengan harga yang cukup --sangat sangat-- murah, sekitar 150 ribuan (murah da belinya di pameran haha) kita udah dapet modem plus paket FMB 2 bulan dengan speed up to 1,2 mbps tanpa kuota alias unlimited. Eh kenapa malah jadi kayak iklan gini? fikir. hahaha. Sorry ya saya bukan sales flexi haha jelir.

Langsung aja ke tutorialnya ya.. menari


Pertama yang harus ada yaitu komputer sama modemnya (yaiyalah tension ), pulsanya juga haha. Trus komputernya harus kita dualbootin (windows-ubuntu), entah kenapa ini modem kalo langsung dicolok ke ubuntu langsung malah ga mau konek internet sedih. Kita juga butuh software buat modemnya, yaitu wvdial. Pilihnya sesuai arsitektur osnya ya : 32bit atau 64bit. Okeh siap tempurr star.

Langkah 1 : Install wvdial
cara installnya : extract wvdial yang udah di download ke mana aja bebas, contoh ke /home/gendigbadig/Downloads/wvdial trus buka terminal, ketik sudo dpkg -i trus drag semua file yang ada di folder tadi ke dalem terminal, nanti baris perintahnya jadi panjang. Udah gitu pencet enter deh, tunggu instalasi sampe selesai senyum.

Langkah 2 : Colokin modemnya di windows, connect-in bentar terus disconnect, trus restart tanpa mencabutnya, trus masuk ke ubuntu lagi. Ini harus dilakuin karena modemnya ga mau langsung ke ubuntu, kalo langsung malah ga mau konek, lampu indikatornya juga kedipnya cepet.

Langkah 3 : Kenali device-id modemnya
buka terminal, biar gampang buat next stepnya, kita masuk dulu jadi root
sudo -i

kalo udah jadi root, masukkan perintah :
lsusb
ternyata modem kita dikenali dengan device-id 15eb:0001, oke kita ke next step.

Langkah 4 : Edit /etc/wvdial.conf dan /etc/ppp/options
/etc/wvdial.conf berisi konfigurasi modem agar bisa dijalankan oleh wvdial. Sedangkan /etc/ppp/options kita edit agar koneksi modem kita tidak cepat disconnect.

oke kita buka file /etc/wvdial.conf nya terlebih dahulu :
nano /etc/wvdial.conf
sesuaikan isi /etc/wvdial.conf kalian dengan gambar ini, kalo mau copas saya sediakan :

[Dialer Defaults]
Init1 = atze0Q0v1
Init2 = ate0q0v1
Init3 = at
Init4 = at+crm=1;+cmux=1;+cps=33;+cta=0
Modem Type = USB Modem
Baud = 921600
Modem = /dev/ttyUSB0
FlowControl = CRTSCTS
Phone = #777
Username = telkom
Password = telkom
Ask Password = 0
Dial Command = ATDT
Stupid Mode = 1
Compuserve = 0
Idle Seconds = 300
ISDN = 0

untuk Phone, Username, dan Password sesuaikan dengan provider masing-masing. Setelah itu save. Kemudian kita edit /etc/ppp/options nya :
nano /etc/ppp/options
sesuaikan isi /etc/ppp/options kalian dengan gambar ini, kalo mau copas saya juga sediakan :

asyncmap 0
noauth
crtscts
modem
proxyarp
noipx
persist
idle 1000000

okey, next..

Langkah 5 : Perintah modprobe dan dmesg
Ketik perintah berikut :
modprobe usbserial vendor=0x15eb product=0x0001
vendor-id dan product-id kita dapatkan dari device-id modem. Setelah itu lakukan perintah :
dmesg
jika sudah tampil seperti tampilan diatas maka modem siap digunakan.

Langkah 5 : Perintah wvdial
Ketik perintah berikut :
wvdial
jika tampilannya seperti diatas maka kita sudah mendapatkan IP dan modem kita sudah terkoneksi ke internet.

Testing...

Yap, begitulah langkah-langkah mengkoneksikan modem Advan Jetz DE-A pada Ubuntu, semoga bermanfaat buat kalian semua senyum. Maaf kalo bahasanya pabaliut hahaha gelakguling. Sampai jumpa di post berikutnya babai.

Big thanks to Kaskus dan Blognya agan Dicky kenyit.

26 komentar:

  1. Balasan
    1. Lumayan anget lah, tapi performanya mantep, saya aja biasa pake nonstop 2 hari tanpa DC, speednya juga maknyoss hehe

      Hapus
  2. Gan, bisa minta tolong minta driver windows untuk modem ini ga ya? saya beli, kok kebetulan dapat yang drivernya corrupt dari bawaannya, saya butuh setup.exe-nya saja. :D kalau bisa tolong kirimin di email saya : albert_amb@yahoo.com atau mungkin bisa dishare di 4shared atau mediafire..

    Terima kasih sebelumnya gan.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf gan lama balesnya hehe, udah dikirim tuh drivernya, silahkan cek emailnya :D

      Hapus
    2. Gan ane juga minta tolong driver Advance Jetz DE-A yang buat di windows. ini email ane
      dd_solihin@yahoo.co.id

      Makasih sebelumnya gan...

      Hapus
    3. bang ane juga minta tolong kirimin driver yg buat windows 7 64-bit
      e-mailny rangedlong@gmail.com
      trima kasih sebelumnya....

      Hapus
    4. maaf kawan-kawan yang minta driver, saya udah ga pake modem ini lagi, maaf hehe

      Hapus
  3. Sekedar ingin berbagi:

    download:
    http://www.crocko.com/663F5CFEFAD14A54BF32617DCB2B4389/jetzA.sh

    - konfigure wvdial seperti di atas
    - chmod 755 jetzA.sh (pada folder dimana menyimpan jetzA.sh)
    - ./jetzA.sh (untuk menjalankannya)

    ket :
    - jika mati tidak perlu restart linux, langsung cabut pasang modem kemudian jalankan kembali jetzA.sh

    Alhamdulillah saya telah mencobanya dan sampai saat ini bisa dipakai...

    BalasHapus
  4. maaf mas rahmat, untuk save di nano, caranya gmna ya?

    BalasHapus
  5. gan saya ko tidak bisa conek ya
    klau di pasang modem flexi ada tulisan error
    you must be logged in as administrator when installing this program
    msuk ke set up jga ad tlisan seperti di atas

    tu knapa ya gan
    thank

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh kurang tau juga ya, baru liat masalah yang kayak begini

      Hapus
  6. Gan Klau bleh yogi juga minta drive nya jga donk
    thank

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf kawan-kawan yang minta driver, saya udah ga pake modem ini lagi, maaf hehe

      Hapus
  7. iy,, cari drivernya kok susyah y??

    sy mau jg drivernya mas, klo ngg repot please krm ke ariokushandiyono@gmail.com

    trm kasih sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf kawan-kawan yang minta driver, saya udah ga pake modem ini lagi, maaf hehe

      Hapus
  8. Gan, bisa minta tolong minta driver windows untuk modem ini ga ya? saya beli, kok kebetulan dapat yang drivernya corrupt dari bawaannya, saya butuh setup.exe-nya saja. :D kalau bisa tolong kirimin di email saya : aep4982@gmail.com atau mungkin bisa dishare di 4shared atau mediafire..

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf kawan-kawan yang minta driver, saya udah ga pake modem ini lagi, maaf hehe

      Hapus
  9. mas, minta driver buat windows nya donk.......
    kirim ke email ane ya....
    ds05@rocketmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf kawan-kawan yang minta driver, saya udah ga pake modem ini lagi, maaf hehe

      Hapus
  10. gan, minta drivernya donk, buat win7 32bit... pgn download dr sitenya, eh sitenya malah error
    email sya : 18noe.u@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf kawan-kawan yang minta driver, saya udah ga pake modem ini lagi, maaf hehe

      Hapus
  11. gan, minta file jetzA.sh nya donk, aku coba download tapi dah di delete, :(
    kirim di email aku ya gan, rega.blank@gmail.com, makasih, :D

    BalasHapus
  12. mas, minta kok aku udah coba dari tutor ini ada sesuatu error ya, kata si errornya, /dev/ttyUSB0 not found, gmna ya cara benerinnya? step" yg sebelumnya sih berjalan lancar, cuman pas jalanin wvdialnya aja, dia ga nemuin pasangan devicenya, ahaha, tulung kirim ke email ku ya, putra.surya.h69@gmail.com

    BalasHapus
  13. wah terimaksih infonya mas.
    sangat membantu :)

    BalasHapus